Artikel

Inilah Beberapa Tips Untuk Merubah Warung Tradisional Menjadi Toko Modern

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang begitu pesat ini, tentu semua orang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya agar menjadi lebih baik lagi. Begitu pula dengan pemilik warung tradisional, yang harus selalu berkembang dan bisa bersaing dengan beberapa toko modern di luar sana.

Hal yang perlu dilakukan untuk merubah warung tradisional menjadi toko modern sebenarnya tidaklah susah. Hanya saja Anda harus mempertimbangkan kembali mengenai rencana tersebut. Jika memang sudah dipertimbangkan secara matang, mulailah kembangkan dan rubah warung tradisional tersebut, agar bisa bersaing dengan toko modern.

Cara yang harus dilakukan tidaklah sulit hanya saja butuh beberapa persiapan seperti modal, tempat dan lain-lain. Selain itu, untuk merubahnya secara keseluruhan, Anda tidak boleh gegabah dan salah melangkah. Jika terdapat satu saja kesalahan, hal ini akan menjadikan Anda gulung tikar atau bangkrut.

Untuk menghindari kejadian yang mengerikan ini, ubahlah warung tradisional tersebut secara perlahan hingga menjadi toko modern. Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui tips untuk merubah warung tradisional menjadi toko modern berjalan lancar yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Perhatikan Infografis Kebutuhan Penduduk di Lokasi Toko Tersebut
    Sebaiknya para pemilik toko lebih memperhatikan kebutuhan para pelanggan. Hal ini ditujukan agar para pelanggan lebih mengutamakan belanja ke toko Anda karena barang kebutuhannya lebih lengkap.
    Jangan membeli barang pada supplier karena suka terhadap salesnya. Belilah barang yang memang banyak dibutuhkan oleh para pelanggan. Dengan demikian, secara perlahan Anda bisa merubah warung tersebut menjadi lebih baik lagi.
  2. Pilihlah Format Toko Modern yang Baru
    Untuk menarik minat pelanggan berbelanja di toko Anda, gunakanlah format toko yang baru. Seperti mengubahnya menjadi supermarket atau minimarket, speciality store, convenience store dan lain-lain. Sesuaikan format toko dengan produk yang dijual dan demografis masyarakat yang ada di wilayah tersebut.
    Selain itu, gunakan juga beberapa fasilitas atau furniture yang bisa mendukung perubahan toko tersebut. Seperti misalnya tambahkan kursi tunggu di depan toko. Hal ini ditujukan agar para pelanggan bisa duduk setelah lelah mengantri.
  3. Ubahlah Beberapa Kategori Barang yang Akan Dijual
    Untuk mendukung perubahan yang lebih signifikan lagi. Anda perlu mengubah beberapa kategori barang yang akan dijual pada toko. Caranya sangat mudah yaitu dengan melakukan pengelompokan. Seperti mengelompokkan barang yang laku cepat, yang laku lambat dan barang yang tidak laku.
    Dengan demikian, Anda bisa menjual barang yang laku cepat dan mengubah beberapa barang yang lakunya lambat. Serta, tidak menjual barang yang tidak laku dan diganti dengan produk lain. Cara yang demikian ini sangat efektif dan sangat membantu untuk melancarkan perubahan toko.
    Jika sudah selesai memilih dan mengelompokkan barang tersebut. Kini saatnya Anda untuk menghubungi supplier yang terpercaya untuk mengganti barang dagangan yang akan dijual. Nah, dengan demikian para pelanggan bisa memilih produk baru yang telah disediakan serta bisa menambah ketertarikan pelanggan.
  4. Bersaing Bukan Hanya dengan Harga
    Persaingan toko yang baru saja diubah bukan hanya mengenai harga saja. Namun terdapat beberapa hal lain, seperti pelayanan dan kepraktisan yang ada di toko tersebut. Selain itu, susunan toko dan lain-lain juga bisa mempengaruhi keberhasilan toko. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut yuk, simak berikut ini.

    • Pelayanan. Nah, jenis pelayanan yang diberikan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Baik itu dilakukan oleh karyawan ataupun oleh pemilik toko itu sendiri. Selain itu, Anda juga harus mengetahui tentang produk yang akan dijual. Sehingga apabila terjadi komplain, Anda bisa mengatasinya dengan tepat.
    • Apabila toko Anda menerima kredit, maka berikanlah kredit untuk pelanggan, dengan cara tidak memberatkan.
    • Lakukanlah penggolongan pelanggan berdasarkan tingkat pembeliannya.
    • Berikan kartu anggota atau diskon pada pelanggan tetap.
  5. Carilah Mitra Supplier yang Efektif
    Untuk merubah warung tradisional menjadi toko modern yang lebih baik dan bisa bersaing dengan toko yang lain. sebaiknya Anda tidak berfokus pada pelanggan saja. Namun, Anda juga harus fokus dengan toko yaitu dalam memilih supplier. Pastikan bahwa supplier yang telah Anda pilih merupakan supplier yang benar dan tepat.
    Cobalah untuk mengganti pola multi supplier yang biasa dilakukan menjadi pola yang lain. Seperti membeli pada beberapa suplayer saja. Hal ini juga bisa mendukung kelancaran toko yang akan Anda rubah.
    Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik agar uang yang akan digunakan untuk membeli produk lain bisa lancar. Jangan terlalu mementingkan salah satu produk saja, namun perhatikan semua produk yang ada di toko.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merubah warung tradisional menjadi toko modern. Selain harus memperhatikan dalam segi keuangan, Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti yang sudah tertulis di atas. Dengan melakukan perubahan secara tepat, toko Anda bisa menjadi lebih modern dan menarik.

 

Sumber: https://www.fastpay.co.id/blog/inilah-beberapa-tips-untuk-merubah-warung-tradisional-menjadi-toko-modern.html